Jumat, 29 Agustus 2014

Merubah Theme/Template Wordpress Secara Manual

Mengapa tulisan Merubah Theme/Template Wordpress Secara Manual ini sangat penting ? Begini ceritanya tadi malam saya coba-coba melakukan perubahan theme/template web saya yang berbasis wordpress seperti biasa atau pada umumnya. Namun ada masalah karena wordpress saya versinya jadul sedangkan theme yang akan saya pakai adalah theme/template baru (untuk wordpress versi baru), nah saat saya aktifkan theme/template wordpress baru tersebut ternyata ada error.

Error tersebut tidak sembarang error. Setelah terjadi error saya tidak bisa mengakses dashboard ( www.namadomain.com/wp-admin/ ) karena ada pesan error. Artinya apa ? saya tidak bisa mengelola web saya : tidak bisa update/menulis artikel baru, tidak bisa mengedit artikel, tidak bisa menghapus artikel, dan yang lebih parah web saya error saat dibuka di halaman utama.

Ada dua kemungkinan untuk mengembalikan kondisi web saya tersebut yang pertama install ulang dan yang kedua adalah saya harus Merubah Theme/Template Wordpress Secara Manual. Tapi menurut saya Merubah Theme/Template Wordpress Secara Manual adalah pilihan terbaik karena web kita yang lama bisa kembali seperti sedia kala tanpa harus memulai dari nol.

Oke, caranya cukup mudah sekali kok, bagaimana ?

Jika anda juga pernah mengalami seperti saya maka segera saja masuk ke cpanel dan bukalah phpmyadmin . Setelah itu buka database web anda. Jika anda tidak mengetahui databasenya maka silakan buka file wp-config.php , disana anda akan mendapati nama databasenya

define('DB_NAME', 'namadatabase');




Selanjutnya carilah tabel wp_options , selanjutnya silakan edit option_name untuk 3 item : template, stylesheet, current_theme.

Silakan edit 3 item tersebut dengan memasukan nama theme yang kompatibel dengan wordpress anda, atau bisa anda kembalikan terlebih dahulu menjadi theme/template seperti semula. Lihatlah folder theme di \wp-content\themes\... kemudian silakan dibuka file styles.css theme yang kompatibel tersebut, misal diatas pada file tersebut didapati  :

Theme Name:        Neoclassical

Maka ketiga item option_name  (emplate, stylesheet, current_theme) tersebut isilah nilainya (option_value) dengan Neoclassical
Bingo ! Web bisa diakses seperti sediakala.
Langkah selanjutnya adalah segera upgrade wordpress kemudian baru pakai  theme/template yang baru.